selamat Malam Bapak dan ibu Guru salam
sejahtera dan salam edukasi !!
Tulisan ini saya persembahkan untuk para
guru, orang tua, siswa-i dan masyarakat yang peduli tentang pendidikan
matematika.
Mungkin Anda sedikit bingung dengan Judul
yang saya tulis. Bagaimana mungkin kita bisa menyelesaikan soal perkalian tanpa
harus bisa perkalian.
Misalkan 12
x 23 = …..
Sejenak kalau difikirkan tentunya kita harus
tahu perkalian 2 x 3 = (berapa?)
Disini akan saya jelaskan bagaimana
menyelesaikan masalah tersebut tanpa
harus bisa perkalian.
Saya katakan ini merupakan masalah, kenapa ?
1. Apabila Anda berprofesi sebagai guru
tentunya sulit sekali menjelaskan kepada anak didik menuju perkalian yang lebih
bersifat kompleks. Misalnya : 231 x 32 = ……
2. Orang tua juga pasti bingung untuk
mendampingi putra/inya ketika belajar di rumah sebab bingung bagaimana cara
membantu anaknya untuk menyelesaikan persoalan tersebut (maklum orang tuanya
mungkin juga tidak begitu mahir urusan perkalian)
3. Dan lain lain…(silahkan tambahkan sendiri)
Suatu ketika saya pernah sharing dengansalah
seorang orang tua siswa tentang masalah belajar yang dihadapi anaknya. Kalau
digambarkan tentang apa yang kami bicarakan kurang lebih seperti ini ;
Orang
Tua : Mas,
anak saya kelas 6 SD, jujur saja dalam hal perkalian dia bisa dikatakan tidak
bisa sama sekali….. Saat ini kan sudah menjelang Ujian Nasional. Nah….Bagaimana
Cara mengatasinya…..
H’mmad : Idealnya siswa kelas 6 SD
sudah mahir menyelesaikan operasi perkalian, namun perlu kita lihat lagi
operasi perkalian seperti apa yang belum begitu dikuasainya……
Orang
Tua: Kalau
perkalian satu digit angka bisa saja, namun jika sudah perkalian 2 digit angka
dan seterusnya baru dia kebingungan……..
Hammad
: Kalau
seperti itu masalahnya tidak begitu parah…… sama halnya dengan anak yang tidak
bisa mengalikan angka 2 dan 3 (2 x 3 = ……?). Tau tidak yang lebih parah
apa?
H’mmad :
Yang lebih parah apabila siswa kelas 6 SD tidak mengenal angka 1,2,3 dst…..
Orang Tua : he…he….
Jadi,punya cara khusus untuk membantu anak saya….?
Dari percakapan
santai disela-sela istirahat jam bimbingan di Primagama, saya jelaskan kepada
anak beliau dan beliau sendiri cara yang mungkin agak berbeda, namun efektif
membantu anak yang punya masalah dengan perkalian.
Caranya
seperti ini:
Misalkan soalnya
seperti ini;
12
x 32 = ……
Setiap angka
digambarkan dalam bentuk garis .
Angka 12 ; 1 dan 2
garis (beri jarak) ke arah kanan atas
Angka 32 : 3 dan 2
garis (beri jarak) ke arah kanan bawah
Sehingga akan
terbentuk gambar seperti ini;
Perhatikan titik
potong pada pertemuan setiap garis (saya perjelas dengan titik hitam).
Sekarang hitunglah
banyak titik pada setiap bagian.
Nah…. Banyak titik
merupakan hasil perhitungan dari operasi perkalian 12 x 32 yaitu 384
Percaya atau tidak
percaya….Ini nyata ! Semoga bermanfaat. Kritik dan sarannya harap disampaikan,
jangan dipendam dalam hati….Kalau terpendam lama bisa karatan (mending kalo
jadi barang antik).
Salam sukses Luar
biasa !
Bagaimana untuk
perkalian 5 x 23 = ……. Dan 35 x 21 =……. (saya yakin Anda pasti bisa)
sumber: www.h4mm4d.wordpress.com
0 comments:
Post a Comment