Monday 14 January 2019

Perbedaan Post dan page (Halaman) di Blogger


Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Perbedaan Antara Post dan Halaman Blog.
Kita pasti sering bertanya, apa sih bedanya artikel (post) dengan halaman (laman). Padahal dari sisi fungsinya, sama-sama untuk menulis artikel seperti biasanya. Ternyata antara post dengan page berbeda, walau fungsinya hampir mirip. Apa saja perbedaannya ? berikut ini Perbedaan Antara Post (Entri) dan Page (Laman) Blog.
Cara Membuat
·         Laman: Dashboard > Laman > Buat laman baru.
·         Post: Dashboard > Post > Buat entri baru.
Cara Membuat Konten
·         Laman: Dahulukan judul daripada isi tulisannya, agar ketika dipublish link halaman berbentuk seperti judul bukan isi tulisan.
·         Post: Bisa langsung diisi konten apa saja yang kita mau.
Jumlah Terbitan
·         Laman: Untuk membuat dan menampilkan laman, dibatasi hanya sampai 20 laman saja.
·         Post: Untuk membuat post artikel tidak ada batasan, karena sudah ada yang pernah membuat artikel sampai 1000 post, tapi itu tergantung space default yang diberikan pihak google, biasanya 15GB.
Tampilan
·         Laman: Sama seperti post, tetapi tidak ditampilkan pada halaman beranda ketika dipublish. Agar ada yang tau isi dari laman, link laman harus diketahui. Biasanya link laman diletakkan pada menu, sidebar atau footer blog. Intinya harus ada navigasi yang memberitahu letak dari laman tersebut.
·         Post: Sedangkan halaman post akan muncul di halaman beranda ketika konten artikel telah dipublish.
Fungsi
·         Laman: Biasanya laman digunakan untuk membuat link yang berisi informasi About Me, Contact Us, Advertise, dan Terms of Service, dll yang biasanya terletak pada menu blog.
·         Post: Halaman post ini sangat penting untuk memaksimalkan blog atau meningkatkan rating blog dengan cara menampilkan konten artikel yang bermanfaat.
Kategori
·         Laman: (page) tidak bisa memakai label atau kategori, karena untuk membuat sebuah halaman penuh atau statis.
·         Post: Karena kontennya bermacam-macam untuk ditampilkan atau dipublikasikan, jadi mengharuskan setiap artikel yang dibuat diberikan kategori.
Catatan: Jangan gunakan laman untuk membuat artikel, untuk membuat artikel cukup menggunakan post (entri) saja.
Itulah sedikit informasi mengenai Perbedaan Antara Post (Entri) dan Page (Laman) Blog. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.


0 comments:

Post a Comment