KUNJUNGAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN kOTA kEDIRI KE YAYASAN AR RAHMAN KOTA KEDIRI

Kepala Dinas Kota Kediri Drs.Maki Ali MSc didampingi pendiri yayasan pendidikan arrahman Alm.H.Imam Hambali WS sedang menyaksikan siwa/i smp arrahman pratek menanam Buah Tin di Laboratorium Alam.

KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA KEDIRI MENYAKSIKAN PERAKITAN KOMPUTER OLEH SISWA SMP ARRAHMAN KOTA KEDIRI

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri beserta rombongan di dampingi pendiri Yayasan Arrahman Alm.H.Imam Hambali WS menyaksikan perakitan komputer oleh siswa SMP Ar rahman Kota kediri.

KUNJUNGAN STUDI BANDING DARI GONTOR 3 KE YAYASAN AR RAHMAN KOTA KEDIRI

Para Santri dari gontor 3 kediri sedang manyaksikan perakitan komputer oleh siswa SMP Ar Rahman Kota kediri

DIREKTUR PONDOK MODERN GONTOR 3 MENYAKSIKAN PERAKITAN KOMPUTER

Direktur Pondok Modern Gontor 3 di dampingi Pendiri Yayasan Pendidikan Ar Rahman Alm.H.Imam Hambali WS Menyaksikan Perakitan komputer oleh siswa SMP Ar Rahman Kota Kediri

MANASIK HAJI DI SIMPANG lIMA GUMUL

Seluruh siswa/i dan dewan Asatif Yayasan Pendidikan Ar Rahman sedang melaksanakan Manasik Haji Sebagai kegiatan Rutinitas 1 tahunan di Simpang Lima Gumul sebagai pembelajaran pelaksanaan rukun islam yang ke 5.

Wednesday 7 September 2016

Cara Membuat Email Baru Di Gmail Terbaru 2016

Cara membuat email baru di gmail memang sangat mudah. Jika anda sampai ke halaman ini besar kemungkinan anda belum bisa membuat email. Tapi itu tidak menjadi masalah buat saya.

Menurut saya, Gmail ini memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dari layanan email lainnya seperti yahoo mail (Ymail). Selain itu, Gmail juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti blogger.com untuk membuat blog, google analytics, google webmaster, dan masik banyak lagi..

Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah simple berikut...


  • Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
  1. Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
  2. Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
  3. Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
  4. Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
  5. Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
  6. Gender : Pilih jenis kelamin anda.
  7. Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
  8. Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
  9. Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
  10. Centang dua persyaratan dari google tersebut...
  11. Klik tombol LANGKAH BERIKUTNYA.

  • Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..
  • Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia. Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
  • Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya..
  • Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
  • Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
  • Sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google gmail ini. 

Monday 18 July 2016

Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016

Yth. Bapak/Ibu,
  1. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
  3. Operator Dapodik
di Seluruh Nusantara


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari Senin Tanggal 18 Juli 2016 adalah Hari Pertama Sekolah di Tahun Pelajaran 2016/2017, hari dimulainya proses pembelajaran di tahun pelajaran baru. Pergantian tahun pelajaran adalah momen besar bagi sekolah dimana sekolah telah meluluskan dan mengantarkan anak didiknya untuk menempuh pendidikan di jenjang berikutnya, juga telah melakukan proses kenaikan tingkat pada siswa-siswanya dan telah juga membuka proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besar yang akan terus berulang setiap tahunnya.
Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan melakukan proses dan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik, oleh karenanya pergantian tahun ajaran baru juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik. Diawal tahun ajaran Operator Dapodik akan melakukan proses kelulusan, proses kenaikan kelas, memasukkan data siswa baru dan melakukan pemutakhiran terhadap seluruh data-data periodik.
Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2016/2017 ini Aplikasi Dapodik juga akan memasuki era baru, dimana akan dirilis Aplikasi Dapodik 2016. Aplikasi Dapodik 2016 adalah pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.
Guna mendukung kesuksesan dan kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 ini, maka perlu dilakukan beberapa persiapan dan pemahaman agar proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh sekolah:

       1. Persiapan Komputer server
Sebagaimana diketahui bahwa pendataan Dapodik telah terintegrasi dengan berbagai system lain untuk melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud. Maka aplikasi Dapodik harus senantiasa di update dan up grade dari sisi fitur dan teknologinya untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut. Maka dari itu dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini menuntut spesifikasi teknis dari komputer yang cukup baik agar Aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan optimal. Berikut adalah spesifikasi teknis yang disarankan:
     A. Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GigaByte
  • Storage tersisa minimal 400 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
     B. Spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
  • Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768
     C. Terpasang web Browser versi baru
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Comodo
  • UC Browser

     2. Persiapan SDM, Kode Registrasi dan Akun Aplikasi Dapodik
Peran Operator Dapodik sangatlah penting sebagai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yang pada tahun pelajaran baru ini juga memiliki/menunjuk Operator Dapodik yang baru maka Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasannya. SK tersebut segera didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan(PDSPK) melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.  Dengan SK penugasan tersebut operator dapat melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan. 
Pada Aplikasi Dapodik 2016 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik 2016 dan melakukan registrasi ulang kembali. Terdapat pengembangan pada methodology registrasi pada Aplikasi Dapodik 2016, yaitu dapat dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methode Off Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Line registrasi dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya. Untuk keperluan registrasi ini maka Operator Dapodik harus menyiapkan:

A. Kode Registrasi
Siapkan Kode Registrasi aktif untuk sekolah masing-masing, kode registrasi akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi on line. Untuk SMA dan SMK kode registrasi dapat dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, SMP dan SLB dapat meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkan akun aplikasi Dapodik berupa user dan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0) dan telah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user dan password ini akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi on line. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) dapat meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator lama atau meminta dibuatkan akun baru kepada:
- KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

       3. Persiapan Data
Di tahun pelajaran 2016/2017 yang baru tentunya banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data baru yang harus dimasukkan. Untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka telah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yang telah diisi dan di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data dan pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.
Di Aplikasi Dapodik 2016 juga ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh karenanya sekolah dapat mulai mendata siswanya yang telah menerima KIP. Validasi data akan meliputi Nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.

      4. Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016
Dalam rangka memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai pengembangan Aplikasi Dapodik 2016, telah disiapkan Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016. Panduan ini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016, sekaligus sebagai panduan untuk melakukan up grade dari aplikasi Dapodik versi lama menjadi Aplikasi Dapodik 2016.


Informasi-informasi diatas penting untuk kami sampaikan diawal sebelum Aplikasi Dapodik 2016 dirilis sebagai bekal pemahaman awal untuk dapat melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan sehingga transformasi ke Aplikasi Dapodik 2016 dapat berjalan dengan lebih baik. Sebagai informasi bahwa INSTALLER APLIKASI DAPODIK 2016 dalam waktu dekat akan segera dirilis.
Harapan kami informasi diawal ini dapat menjadi acuan bagi segenap stakeholder di sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik dan mendorong tercapainya data Dapodik 100% baik secara kuantitas maupun kualitas. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.

  
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh


LINK UNDUHAN

Tuesday 31 May 2016

PPBD Tahun 2016

Powered byEMF Form Builder

Thursday 14 April 2016

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016



    PROFIL SMP PLUS AR RAHMAN

    NO. SK IJIN PENDIRIAN                  : 425/0408/419.42/2005
    NO.SK IJIN PENYELENGGARA      : 421.03/1333/419.42/2011
    NSS                                                     : 102205630305
    NIS/NPSN                                           : 200031/20540327
    AKREDITASI                                      : B 

    VISI DAN MISI
    VISI
    • Aqidah yang benar
    • Akal Yang Cerdas
    • Alkhlak yang Mulia

    MISI
    • Berjuang mewujudkan ajaran Islam dan norma - norma yang lain dari dasar hingga ke jenjang yang lebih atas
    • Meningkatkan Mutu Pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK arus Globalisasi.
    • Mengembangkan dan Meningkatkan prestasi dalam bidang Ekstrakulikuler sesuai dengan potensi yang dimiliki dalam berbagai bidang ilmu.
    • Menyelenggarakan Program Pendidikan yang senantiasa berakar pada sistem nilai adat - istiadat, agama, budaya masyarakatedengan tetap mengikuti perkembangan dunia luar.
    • Berusaha mengembangkan bakat siswa - siswi yang berprestasi dalam berbagai bidang ilmu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, siap terjun dalam masyarakat.
    • Ikut memberi kontribusi positif bagi perkembangan Pendidikan Bangsa.

    KEUNGGULAN 
    1. Kelas Ber-AC
    2. Letak Strategis
    3. Tempat Ibadah (Masjid)
    4. Pembelajaran dengan IT
    5. Biaya sangat terjangkau
    6. Laboratorium Kelas Alam
    7. Laboratorium Green House
    8. Tersedia Beasiswa Super Student
    9. Gedung Sekolah Yang Representatif
    10. Tenaga Pengajar yang Profesional di bidangnya

    PEMBELAJARAN BAHASA
    1. Bahasa Arab
    2. Bahasa Inggris
    3. Bahasa Mandarin
    4. Bahasa Indonesia
    5. Bahasa Jawa

    EKSTRA KULIKULER
    1. Pramuka
    2. Seni Baca Al Qur'an (Qiro'ah)
    3. Rebana
    4. Olimpiade Sains
    5. Sekolah Sepak Bola (SSB)
    6. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
    7. Renang
    8. Bahasa Mandarin
    9. Seni Musik
    10. Tata Boga

    SYARAT PENDAFTARAN


    1. Mengisi Formulir Pendaftaran
    2. Mengumpulkan Foto Copy SKHU 2 lembar terlegalisir
    3. Mengumpulkan Foto Copy Ijazah 2 lembar terlegalisir
    4. Mengumpulkan Foto Copy Akta Kelahiran 2 lembar 
    5. Mengumpulkan Foto Copy KTP dan KK Orang Tua
    6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    7. Photo Ukuran 3x4 Sebanyak 2 Lembar


      PENDAFTARAN DIBUKA MULAI BULAN MARET

      Senin - Kamis : 07.00 - 14.30 WIB
      Jum'at & Sabtu  : 07.00 - 12.00 WIB


      Monday 4 April 2016

      Informasi Sertifikasi PLPG terbaru tahun 2016

      Sertifikasi Guru Tahun 2016

      Menindaklanjuti hasil Sosialisasi Sertifikasi Guru Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 23 s.d 25 Maret 2016 bertempat di Hotel Fave Max Surabaya, maka dengan ini kami beritahukan bahwa:
      1.    Mulai tahun 2016 sertifikasi guru dilaksanaan menggunakan 2 pola, yaitu:
      a)  Pola Pendidikan profesi Guru (SG-PPG) untuk guru yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai 31 Desember 2015.
      b)  Pola Pendidikan dan latihan Profesi guru (PLPG) bagi guru yang diangkat sebelum 31 Desember 2005.
      2.    Persyaratan calon peserta sertifikasi sesuai buku 1 pedoman penetapan peserta:
      a)    Guru di bawah pembinaan kemdikbud kecuali guru agama;
      b)    Memiliki NUPTK, Memiliki kualifikasi akademik S-1 atau D-IV;
      c)    Memiliki status PNS atau GTY (khusus PLPG : GTY 2 tahun berturut turut);
      d)    Masih aktif mengajar;
      e)    Guru yang telah memiliki sertifikat pendidik yang akan mengikuti sertifikasi kedua akibat dari SKB 5 menteri dan guru yang memerlukan penyesuaian akibat perubahan kurikulum dengan syarat bidang studi sertifikasi kedua linier dengan ijasah S-1 atau D-IV;
      f)     Pada tanggal 1 Januari 2017 belum memasuki usia 60 tahun;
      g)    Telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 bagi pola PLPG;
      h)    Memenuhi skor minimal UKG yang telah ditetapkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) bagi pola SG-PPG
      i)      Masih aktif mengajar, Sehat jasmani dan rohani;
      j)      Pemilihan bidang studi sertifikasi harus sesuai dengan ijasah S-1 / D-IV (linier)
      3.    Info terbaru sertifikasi guru tahun 2016 dan lampiran surat ini dapat di unduh di blog http://smparrahmankediri.blogspot.co.id/
      Lampiran surat ini diantaranya :
      a)  Lampiran 1 Data bakal calon peserta;
      b)  Lampiran 2 label identitas;
      c)  Lampiran 3 format penghapusan;
      d)  Lampiran 4 kelengkapan dokumen / berkas;
      e)  Lampiran 5 format verifikasi kelengkapan dokumen / berkas (ceklist);
      f)   Lampiran 6 format verifikasi data calon peserta;
      g)  Lampiran 7 pakta integritas
      4.    Verifikasi calon peserta meliputi pembaruhan data, mutasi, penambahan dan penghapusan.
      a)    Informasi yang dapat diperbaruhi adalah : Tempat lahir, Tanggal Lahir, Status Pegawai, NIP, Golongan, TMT Guru, dan Kualifikasi pendidikan. Menggunakan lampiran 6;
      b)    Mutasi adalah perubahan tempat tugas yaitu jenjang, institusi, dan lokasi;
      c)    Penambahan calon peserta, digunakan untuk menambahkan calon peserta yang belum masuk dalam daftar calon peserta sertifikasi. Untuk guru berstatus CPNS, PNS, GTY kecuali guru agama yang belum ada dalam daftar calon peserta sertifikasi harus ditambahkan sebagai calon peserta sertifikasi. Format yang digunakan yaitu menggunakan lampiran 6;
      d)    Penghapusan adalah penghapusan calon peserta yang tidak memenuhi persyaratan. Untuk penghapusan cukup mengumpulkan lampiran 3 yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah. Contoh alasan penghapusan data : meninggal dunia, sakit permanen, bukan guru, status pegawai GTT, mengundurkan diri, mengajar sebagai guru tetap di kementerian lain dll.
      5.    Pengumpulan berkas calon peserta sertifikasi
      Dokumen / berkas dibuat rangkap 2 Berkas yang harus dikumpulkan sesuai dengan format kelengkapan dokumen / berkas (lampiran 4). Penyusunan berkas sesuai urutan yang ada di format verifikasi kelengkapan dokumen / berkas (lampiran 5) disetiap pergantian jenis dokumen diberi pembatas kertas berwarna dan dimasukan ke dalam bussines file dengan warna sesuai jenjang:
      a. TK : kuning
      c. SMP : merah
      d. SMK : putih
      b. SD : biru
      d. SMA : hijau
      e. SLB  : biru
      Di setiap bussines file disertai label identitas (lampiran 2), format verifikasi kelengkapan dokumen(lampiran 5),format verifikasi data calon peserta (lampiran 6)
      6.    Berkas dikumpulkan paling lambat hari kamis tanggal 7 april 2016 di seksi PMPTK bidang ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Kediri.
      7.    Penetapan peserta sertifikasi guru dilakukan secara berkeadilan dan transparan melalui on-line system dengan menggunakan Pedoman Penetapan Peserta Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG).


      Demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

      surat resmi akan dikirim ke sekolah.

      berikut link untuk download data peserta dan lampiran surat :